Pages

Saturday, August 12, 2017

Pengen Kurus? STOP DIET!

Hi Lovelies!
Capek ga di tanyain "kok gendutan?" atau udah ga makan ampe sakit maag ko tetep ga kurus - kurus ya? Kalo jalan kakinya gampang sakit? Atau susah banget nahan laper padahal pengen kurus?

Well ladies & gentleman! 
Today I'll share with you some tips from my experience losing weight in less than 3 month tanpa susah hati tanpa laper dan bikin badan seger! 
Cekidot!

First of all, sebelum aku share ke kalian tips apa aja sih yang bikin proses ngurusin badan jadi berhasil. Kalian harus yakin dulu dan membuat komitmen pada diri sendiri kalau kalian mau melakukan hal ini. Karena sejatinya kurus atau gemuk itu bukan sekedar ukuran celana & baju, tapi lakukan hal ini demi kesehatan kalian. Karena kurus ga berarti sehat, apalagi jadi gendut. Don't get me wrong, sebelum kamu jadi bete gara - gara kalimat aku barusan. Mending langsung baca aja tips dibawah ini.

1. ATUR POLA MAKAN

Lah katanya ga diet. Ko atur pola makan? Sama aja dong! Payah nih!!
Yah, kalian yang pertama kali liat pasti langsung mikir kaya gitu, karena sebelumnya aku juga sama.
Macem mikir apalah bedanya? TAPI! INI BEDA BANGET!
Diet biasanya punya rentang waktu. Ada awal ada akhir ada cheat day dan lain - lain. Misal, mau diet Mayo ah. Biasanya sih mereka ada waktunya, seminggu misal or sebulan, setelah prosesnya berakhir ya dia kembali ke pola makan (dan hidup) sebelum diet. Akhirnya malah sakit, dan bentuk badan kembali ke semula. Males banget ga sih?

Daripada kalian capek2 dan mahal - mahal catering makanan sehat (Yah, kalo lagi banyak duit gapapa sih dan catering makanan sehat lebih efektif buat yang hidupnya aktif banget ga sempet belanja & masak karena keburu capek. But its all up 2 you) tapi ujung - ujungnya ngerasa ga ada hasil dan baper. Mulailah coba ganti makanan kalian ke makanan yang lebih sehat. Yang paling bagus ya masak sendiri & pilih bahannya sendiri. 

Menjadi lebih sehat bukan berarti menjadi kurus dan menjadi kurus bukan berarti harus mati kelaparan karena tubuh kita perlu tenaga untuk menjadi produktif dan berarti kita perlu makan!
Yah kalian bisa bedain lah kendaraan yang pake bensin mahal dan kendaraan yang pake bensin eceran. Yang pake mobil mewah ya kali beli eceran, ya ga sih? Sama dengan tubuh kita. Bedanya kita ga perlu pake bensin2 mahal untuk menjaga mesin kita supaya tetap bagus. We just need good food in a right order. 
[source : https://www.bodminsou.com/how-often-should-i-eat/]


Makanan yang sehat & mendekati bentuk asli. Secara Perlahan kurangi makan gorengan, junk food, dan mie instant. Aku ngerti kok kedengerannya kaya susah, maka dari itu pelan2 kurangi aja karena biasanya kalo langsung DOR berhenti ujung - ujungnya gagal. Kurang lebih itu bisa jadi landasan buat waktu makan kalian. Apa yang baiknya di makan? 

Di youtube & pinterest banyak resep makananan yang sehat dan gampang di olah buat pemula kok. Selamat berkreasi!

2. Tidur yang Cukup

Ini lagi nih, terutama buat yang hobi begadang cuma buat main game & streaming film di internet. Mulai deh hilangin hal ini. Aku juga orang yang susah banget tidur tapi kalo udah tidur susah bangunnya *lol*  karena itu aku butuh obat tidur buat hal ini (tapi jangan di tiru ya!) buat mengatasi hal ini, nanti bakal aku jelasin di tips nomor 3. Jadi stay tune!

Kurang tidur bikin badan kamu jadi lemes, kurang bergairah, gampang sakit, dan yang paling bete bikin kamu susah kurus! Ya, wajar sih. Ga disadari begadang ujung - ujungnya bikin kamu jadi suka kelaperan malem - malem. Buat ilimiahnya kalian bisa nonton video ini


Tidur yang cukup ga cuma bisa bantu kamu nurunin berat badan lho. Tapi juga bantu seluruh organ tubuh kamu supaya bisa bekerja lebih optimal. Kalo bisa jadi tambah sehat plus badan bagus sekalian, kenapa engga?

3. Banyak Bergerak

Kalian bisa mulai dari hal - hal kecil, dari bersihin kamar sampe olah raga fancy di gym manapun. Intinya, jangan mager!!
Di post sebelumnya aku share kalau aku daftar gym deket kampus kan? Lol, sekarang dah cabut hwehwe. Aku ganti metode dari gym ke home training. Sebenernya ga ada bedanya sih, ini optional. Kalau kalian lebih nyaman di gym, silakan banget! Karena aku masih mahasiswa dan kerjanya masih freelancer jadi duit nya belom cukup buat bayar PT (Personal Trainer) di gym, jadinya aku beralih latihan sendiri di rumah dan outdoor. Dari gadget pribadi, kalian bisa cari banyak banget tutorial bodyweight atau aplikasi olahraga yang bisa bantu kalian buat olah raga. 
Ga ada batasan minimal kalian harus ngapain. Tapi kalau aku pribadi, sampe saat ini aku masih latihan bodyweight (cuma penyakitnya ya kalo lg mager itu lho! ugh). Kalian juga bisa coba ikutan kelas muaythai yang ada di daerah kalian, ini asik banget lho. Bikin kalian jadi semangat karena ketemu temen - temen baru. Bahkan aku yang ansos aja bisa dapet temen hehe.

Aplikasi yang ada di smartphone apa aja sih buat olah raga?
Sebenernya ada banyak banget sih, kalian coba - coba aja mana yang paling cocok buat kalian.
Kalo aku pribadi aku pake FREELETICS Bodyweight
Temen - temen aku yang lain ada yang pake 8minute workout, dll.
Awal aku olah raga aku kebanyakan nonton youtube, kalau tertarik kalian boleh coba yang ada di playlist ini :


Selamat olah raga :D

Dan ini yang terakhir dan paling penting untuk kalian ingat

4. CHANGE YOUR LIFESTYLE

Ini mungkin lebih tepat jika di sebut sebagai summary daripada Tips. Seriously guys, dari ketiga tips diatas kalau kalian konsisten dan ikhlas jalaninnya hal itu semua akan menjadi gaya hidup kalian yang baru. Kurus itu cuma bonus dari gaya hidup sehat kalian. Kurus itu juga relatif kok. Orang kurus juga banyak yang ga sehat. Karena itu, ketika kalian menjalankan 3 hal diatas dengan benar insya allah bakal keliatan hasilnya 2 bulan kedepan. Aku ga ada foto before after sih sayangnya. Aku juga masih otw ke postur yang ideal menurut aku. Weight is just a number, dalam waktu kurang dari 3 bulan aja berat aku udah turun dari 55kg ke 47kg (kalopun naik paling ga lebih dari 48kg) dan stabil dan sekarang badan aku lebih enteng, ga sering sakit dada dan pikiran lebih jernih.

Do it because you love yourself. Gaya hidup ini kalian lakukan karena kalian menghargai tubuh kalian, supaya bisa hidup produktif, jauh dari penyakit, dan tanpa kalian sadar semua orang yang kalian kenal bakalan nanya "Kok lu kurusan banget sih sekarang?" tanpa bersusah payah. Harga kangkung & bayam itu ga mahal kok ya di pasar. Gak usah nahan laper sampe sakit - sakit.
Ga usah minum obat kurus segala. Yang instan itu ga pernah bagus kedepannya.
Karena mama aku sampe sakit pankreas gara - gara obat langsing pas masih muda, akhirnya mau makan sayur pun susah. Kan kalian gamau kan pas udah tua jadi sakit - sakitan dan menyesali kenapa pas muda suka hidup sembarangan?

Ini postingan panjang banget ya hehe
Tapi this is the truth. Semua yang sekarang badannya bagus, mereka punya gaya hidup yang sehat. INGAT!
You are What You Eat!
Nikmati prosesnya dan nikmati hasilnya.

Semoga bermanfaat untuk kalian semua ya.
Thanks for reading

Love,


No comments:

Post a Comment